Thursday, July 2, 2009

SPG oh SPG (Sales Promotion Girl)

Selama di Pontianak ada pengalaman-pengalaman lucu, sedih, senang, nyebelin, dll. Nah salah satunya adalah pengalaman dengan para SPG/SPB di Pontianak ini. Ceritanya seru-seru, ini bagian yang pertama nih.

Bagian 1

SPG Menor VS Customer Dekil

Beberapa tahun lalu saya punya pengalaman dengan salah seorang SPG Matahari Dept. Store bareng my friend, Ratna, yang waktu itu masih kerja di Pontianak.

Ceritanya pas hari Sabtu, saya sama Ratna jalan-jalan ke Matahari Mall, waktu itu cuma ada satu mall di Pontianak, biasalah refreshing setelah seminggu kerja, kebetulan juga kita hari itu baru kelar lembur si kantor.

Saya dan Ratna berangkat ke mall pake angkot plus jalan kaki, soalnya waktu itu kami berdua belum ada yang bisa naik motor, jadinya ya gitu, penggemar angkot setia meskipun kondisi angkot di Pontianak sangat menyedihkan, nggak sebagus di Balikpapan.

Kami ke mall juga nggak kaya orang-orang Pontianak pada umumnya, yang dandan rapi ato malah habis-habisan. Mungkin karena itu mall yang pertama ada di Pontianak jadi mereka menggunakannya sebagai tempat baru buat nampang, hehehe… peace jangan marah ya orang Pontianak.

Akhirnya setelah perjalanan yang melelahkan (angkotnya muter-muter dulu) kami sampai juga di Matahari Mall. Kami langsung masuk ke bagian Matahari Dept. Store, cuci mata en liat-liat siapa tau ada barang yang bagus. Setelah muter-muter saya nemuin sebuah baju yang langsung bikin saya jatuh cinta, baju itu dipasang di manekin yang ditaruh diatas sebuah lemari pajangan yang agak tinggi, so kami cuma bisa pegang-pegang bagian bawah bajunya en ngeliat harganya doang. Dua ratus sembilan puluh sembilan ribu rupiah.

Tapi gitu kita muter-muter nyari stok baju itu siapa tau ada yang digantung, ternyata kita ga bisa nemuin. Kami lalu mencari SPG yang menjaga counter itu, tapi ga ada dimanapun. Akhirnya Ratna memanggil seorang SPG yang sedang ngobrol dengan temannya, temannya ini seorang SPG yang dandannya full banget, bedak tebel, lipstik kinclong, bulu mata tebel kaku kebanyakan maskara. Gitu dipanggil si mba SPG malah nyuruh temen ngobrolnya, si SPG menor ke tempat kita, rupanya si SPG menor mestinya jagain counter itu tapi dia malah ngobrol ke counter lain.

Gitu si SPG menor mendekat, terjadilah percakapan diantara kami.

Ratna :“Mba, kita mau liat baju yang dipajang di patung itu dong”

SPG Menor:“Ndak ade yang digantung ke?” dia balik nanya dengan ekspresi males, mungkin gara-gara acara ngobrolnya terpaksa kita interupsi.

Saya:“Nggak ada, udah kita cari, ada juga modelnya lain”

SPG Menor:“Tapi same jak” kayanya dia ogah buat nurunin manekin ato nyari stok si lemari.

Ratna:“ Tapi kita kan maunya yang itu,” Ratna tetep ngotot soalnya dia juga suka baju itu.

SPG Menor:“Ndak liat hargenye dulu ke?”

Ratna & Saya:langsung sebel sama SPG Menor ini. Tapi tetep bertahan sampe si SPG nurunin manekin en ngasih baju itu buat kita coba di fitting room.

Di fitting room, saya en Ratna ngedumel habis soal SPG itu. Jadi SPG kok gitu sih ngelayanin pembeli, udah ga stand bye di counternya sendiri, baru dimintain tolong dikit aja ogah-ogahan en malah ngerendahin kita-kita lagi, kayanya dia nganggep saya dan Ratna ga bakal bisa beli baju seharga itu kali. Tapi kalo dipikir-pikir penampilan kita emang jauh dari orang kaya sih. Saya sama Ratna cuma pake T-Shirt biasa, celana jeans en sandal jepit. Plus saya bawa ransel en Ratna nenteng-nenteng payung lipat yang selalu dia bawa kemana-mana. Buat mengantisipasi klo hujan katanya.

Tapi masa iya dengan dandanan sederhana gitu lantas kita dianggap ga punya duit, ih sebel deh. Meski di satu sisi ada untungnya sih, kita ga bakalan di copet ato ditodong preman di jalan, hehehe…

Saya akhirnya beli baju itu, Ratna ga jadi soalnya kesempitan buat dia. Saya beli baju itu emang karena suka dengan modelnya, warnanya hitam dan panjang sampai menutupi pinggul, kesannya elegan klo pake baju itu. Tapi disatu sisi ada juga sih perasaan sebel pengen nunjukin ke SPG itu kalo saya sanggup kok untuk beli baju seharga itu. Tapi akibatnya setiap kali ke sana en lewat counter baju itu saya jadi sebel sambil ngeliatin SPG Menor itu yang masih tetep dengan gayanya yang sok itu.

Anyway, kalo denger omelannya Ratna tuh gini soal si SPG: “Itu cewek sombong banget sih, aku sanggup kok bayar baju itu ditambah make up dia yang tebel banget itu”.

Akhirnya pengalaman hari itu jadi kami inget terus sampai sekarang. Klo kita mau belanja di tempat-tempat seperti itu jangan terlihat terlalu dekil, hehehe… dan satu lagi, jangan pernah kita meniru si SPG Menor. Jangan pernah menilai seseorang hanya dari penampilannya doang, bisa aja orang yang lusuh ternyata duitnya banyak. Apalagi kita sebagai PNS, tugas kita melayani masyarakat. Kita harus bisa menempatkan orang yang kita layani di tempat yang terbaik siapa pun dia dan bagaimanapun keadaannya. Pelayanan Prima dooong.

First release: 20 Nov 2008 in http://bluestarlely.blog.friendster.com/2008/11/spg-oh-spg-sales-promotion-girl/

No comments:

Post a Comment

hai, hai...kasih komentar dong disini...

Konnichiwa

Yuk, belajar nulis, nulis apa aja yg penting asyik en nyenengin buat dibaca, klo bisa yg informatif juga, nah loh, klo ada tulisan di blog saya ini boleh di copy kok, tapi atas seijin saya yah.....