Thursday, July 2, 2009

SPG oh SPG (Sales Promotion Girl) II

Bagian 2

Belanjaanku Sayang Belanjaanku Hilang

Satu lagi pengalaman saya di salah satu supermarket besar di Pontianak. Kejadiannya sekitar bulan puasa tahun 2007 lalu. Ceritanya sepulang kerja saya mampir ke Hypermart yang terletak di Mega Mall Pontianak. Rencananya mau masak untuk buka puasa hari itu, menunya kerang oseng cabe hijau. Saya pun langsung sibuk memilih-milih bahan masakan yang sudah saya tulis di kertas kecil: Kerang kupas, cabe rawit, cabe keriting, cabe hijau, jahe, tomat, en bumbu-bumbu lain sudah saya masukkan ke dalam plastik-plastik kecil untuk ditimbang. Selesai menimbang saya menuju bagian coklat dan minuman, mengambil silverqueen dan 6 botol You C-1000, lumayan dapat gratis 1 botol.

Setelah selesai mengambil semua barang yang saya butuhkan, saya kemudian segera menuju kasir untuk mengantri. Di depan saya ada seorang ibu-ibu chinesse yang belanjaannya lumayan banyak. Sambil menunggu saya memperhatikan kasir yang sedang melayani ibu itu. Kasirnya seorang cewek, dia dibantu seorang cowok yang tugasnya memasukkan belanjaan ke dalam kantong plastik.Saya perhatikan si cowok itu selalu mengajak kasir cewek itu ngobrol dengan suara yang lumayan keras. Si kasir cewek masih menanggapi obrolan si cowok tapi tatapannya tetap terarah ke mesin kasir, sedangkan si cowok terus saja berkicau tiada henti tanpa memperhatikan dengan serius barang-barang yang sedang ia masukkan ke kantong plastik. Sepertinya ia sedang menggosipkan sesuatu yang seru sekali tentang temannya.

Akhirnya giliranku tiba, aku pun membantu mengeluarkan barang-barang yang kubeli dari keranjang dan si kasir langsung menghitungnya dan sedangkan si cowok yang membantunya masih saja terus heboh bercerita sedangkan si ibu didepanku tadi masih sibuk memasukkan barang belanjaannya ke dalam troly.

Proses membayar selesai, saya pun ke bagian penitipan barang untuk mengambil jaket dan bonus 1 botol You C-1000 yang memang harus diambil di sana. Tapi apa yang terjadi? Sewaktu saya membuka plastik belanjaan saya, ternyata hanya berisi 6 botol You C-1000 dan coklat Silverqueen, lho kemana belanjaanku yang lain ya? Sebenarnya sih saya juga merasa aneh sewaktu menerima kantong plastik dari si cowok di kasir itu, kantong plastiknya terasa agak ringan, berbeda dari waktu saya bawa si keranjang, tapi saat itu saya tidak berfikir apa-apa.

Saya lalu kembali ke bagian kasir dan menanyakan belanjaan saya yang lainnya, siapa tau tertinggal di sana. Begitu ketemu dengan kedua orang itu saya tunjukkan kantong plastik saya beserta struk belanjanya sekalian.

Saya :“Mba, kok belanjaan saya cuma segini, yang lainnya kemana ya?” tanya saya sambil menyerahkan struk belanja.

Kasir Cewek:“Lho tadi sudah saya hitung mba,” katanya bingung, trus dia tanya ke temen cowoknya yang tadi bantuin.

Cowok Dodol:“Oh, aku kire itu belanjaan punye ibu-ibu yang tadi tu,” katanya tanpa dosa.

Saya:Trus gimana dong nih?” tanyaku mulai merasa ga enak hati.

Cowok Dodol:“Ya sudah, saye kejar ja’ ibu-ibu tadi’”.

Kasir Cewek:“Tapi kemane? Dah jauh mungkin die,” ucap si kasir cewek

Cowok Dodol:“Aku cube lo’,” kata si cowok dodol itu sambil lari ke arah pintu depan mall.

Ga gitu lama si cowok dodol itu balik lagi.

Cowok Dodol:“Dah, ndak ade” katanya, “dah lah, ganti ja’ uangnye, pake uang kite bedua’,” katanya.

Akhirnya mereka berdua mengembalikan uang sebesar belanjaan saya yang tidak ada. Oke saya terima, jumlahnya juga tidak terlalu besar, tapi si cowok dodol itu sama sekali tidak mengucapkan kata maaf ke saya atas kelalaiannya itu. Yang minta maaf justru si kasir cewek dan kasir lainnya yang ada di dekat kasir itu, sepertinya dia tau kalau aku kesal tapi tidak bicara apa-apa.

Saat itu saya memang sudah tidak bisa bicara apa-apa lagi, mau marah saja saya sudah nggak bisa, mana saya lagi puasa hari itu. Yang adalah perasaan kecewa, karena sejak siang saya sudah merencanakan akan memasak kerang oseng cabe hijau dan memakannya saat buka puasa tapi apa yang terjadi, hiks… nggak jadi. Padahal saya sudah memilih bahan-bahan masakan yang terbaik, saya pilih satu demi satu dengan cermat, huaaaa….. ternyata nggak ada gunanya. Saya benar-benar kesal dengan si cowok dodol yang kerja di Hypermart itu, kesel banget dibuatnya. Mau saya laporkan ke manajernya tapi ntar dia bisa dipecat trus saya bikin putus sumber nafkah orang lain dong. Sudahlah, saya simpan saja kesal itu di dada dan menjadikan hari itu pelajaran untuk dikemudian hari, yaitu harus langsung memeriksa kantong belanjaan saat di kasir supaya tidak terjadi lagi belanjaan yang hilang.

First release: 20 Nov 2008 in http://bluestarlely.blog.friendster.com/2008/11/cerita-spg-bagian-2/

No comments:

Post a Comment

hai, hai...kasih komentar dong disini...

Konnichiwa

Yuk, belajar nulis, nulis apa aja yg penting asyik en nyenengin buat dibaca, klo bisa yg informatif juga, nah loh, klo ada tulisan di blog saya ini boleh di copy kok, tapi atas seijin saya yah.....