Monday, January 11, 2010

Berlalunya waktu, apa yang berubah?

Nggak kerasa udah 2010, jadi pingin tau apa aja yang udah terjadi selama tahun 2009 kemarin. Banyak hal yang mengecewakan selama waktu yang sudah kulewati, apakah itu tentang diriku, orang-orang disekitarku, atau teman-temanku. Ada juga sih hal-hal yang menyenangkan, tapi kayanya lebih banyak yg mengecewakan deh.
Dimulai dari diriku duluan nih, uh....
  1. Selama 2009 aku kok merasa jadi orang yang pemalas ya. Mau ngerjain sesuatu lebih banyak ditundanya, yang pada akhirnya kusesali dikemudian hari soalnya sudah terlambat. Shalat Isya yang sering ketinggalan gara-gara aku milih tidur dl ketimbang shalat, akhirnya aku malah nggak shalat sampai subuh. Duh, mengecewakan bgt kan??
  2. Berhubung dulu aku klo pergi kemana-mana seringnya sama orang lain, sekarang aku jadi malas keluar-keluar sendirian, musti nungguin ada yang ngajak dulu baru mau pergi. Wah, kenapa aku jadi nggak mandiri lagi kaya dulu ya?
  3. Ngeberin kamar. Berhubung kamarku yang ukurannya imut itu udah nggak sanggup lagi menampung barang-barangku yang banyaknya udah seabreg-abreg, akibatnya semua barang kutumpuk jadi satu, penampilannya sungguh menyedihkan. Duh, kamarku yang malang.
  4. Nah masih nyambung soal kamar, karena nggak tahan sama kamar yang udah nambah penuh, aku pun niat nyari rumah. Tapi apalah daya, rumah yang dicari nggak kunjung dapat. Sekalinya dapat mahal banget harganya, mo nyari duit dimana?
  5. Soal beli baju. Nah satu ini, berhubung badanku dulu tak begini (sambil nyanyi jingle iklan vitamin anak-anak)... Aku pun mau nggak mau musti beli baju baru. Tapi apalah daya, diriku pas pergi ke Mangga Dua, dengan semangat 45 membeli 2 stel pakaian kerja pas bulan April. Tapi ternyata aku kupa memperhatikan klo celananya kekecilan, dan dodolnya aku juga nggak merhatiin klo ada yang kubeli atasannya ukuran M dan bawahannya ukurannya S, whatttt...!!! udah pasti lah nggak cukup dipake. Akhirnya aku cuma bisa bengong kaya sapi ompong, gimana mo nukerinnya coba, nun jauh di Jakarta sono.
  6. Masih berlanjut soal baju, eh celana ding sekarang. Dan ternyata sodara-sodara... celana jeansku udah nggak ada yang muat lagi, rupanya pinggulku mengalami pertumbuhan yang sangat pesat hanya dalam waktu satu setengah tahun saja dengan kenaikan yang cukup signifikan di setiap bulannya, walah bahasa apa pula ini... Nah, akhirnya aku pun membeli celana jeans baru, tapi seperti biasa, muat di pinggul tapi kegedean di pinggang en so pasti kepanjangan celananya. Lalu dengan berbekal nasehat dari seorang teman tentang adanya seorang penjahit permak jeans, pergilah aku ke lokasi. Kejadiannya kira-kira dua minggu sebelum aku pulang mudik ke kota tercinta Balikpapan. Sesampainya di sana, pinggangku pun diukur oleh sang penjahit, seorang wanita keturunan Madura berumur kira-kira awal 40 tahunan. Usai diukur dia menjanjikan bahwa jahitan bisa diambil kira-kira 3 hari kemudian. Wuih, kok cepet banget ya, padahal udah menjelang lebaran gini, biasanya penjahit nggak ada yang berani secepat itu, walopun hanya memermak jeans. Akhirnya di hari yang telah dijanjikan, aku pun datang ke tempat si penjahit dan voila... jeansnya belum diapa-apain. Oke lah, aku pun bersabar 2 hari lagi, kata si penjahit. Begitu 2 hari kemudian aku datang lagi ke sana, jeans sudah selesai di permak. Dibayar dan dibawa pulang, dengan hati yang tidak puas. Jahitannya tidak rapi dan bagian pinggang celanan jeans Lee Cooper seharga 225 ribuku terlihat seperti celana jeans seharga 60 ribu. Busyet... tapi mau nggak mau tetep kupake, untunglah yang dipermak hanya bagian pinggangnya saja. Klo seluruh celana gimana? Bisa beli lagi aku. Tapi jadi pelajaran buatku, jangan permak jeans di tempat itu lagi.
  7. Bicara kasar. Duuuuh, ini yang paling bikin aku jengkel setengah mati. Gara-gara sering pergi naik mobil sama seseorang di kantor aku jadi ketularan suka memaki-maki, walopun kadang-kadang cuma dalam hati dan nggak seekstrim dia klo maki-maki (hal simple aja dan nggak seharusnya dimaki dia bisa maki-maki). Ya Allah, aku nggak pingin jadi tukang maki-maki kaya gitu.... ogah, hilangkan kata-kata kasar dan buruk dari lidahku...
  8. Rambut rontok. Rambutku panjangnya udah sepinggang. Walopun nggak rata, soalnya dulu dipotong model shaggy gitu. Tapi tuh rambut udah mulai terasa gerah. Dimulai dari ujungnya yang nggak karu-karuan, melungker kesana kemari (nggak ngerti deh , kayanya dulu rambutku nggak seikal ini, kok jadi gini ya sejak di Pontianak? Apa ngaruh gara-gara Pontianak terlalu panas ya?) Blom lagi masalah rontoknya itu. Jadi inget, pertengah Desember 2008 rambutku juga rontok parah, sampe aku takut bakalan botak, eh ternyata di pertengah Januari 2009 rambutku berhenti sendiri rontoknya. Aku berdoa aja semoga tahun ini juga kejadian kaya gitu, hehehe...
  9. Jerawatan. Nah, mukaku yang udah penuh denga scars bekas jerawat itu, kok ya masiiiih aja ditambahin dengan nongolnya jerawat yang dengan santainya berkembang biak di jidatku, deket telinga, en mulai turun ke leher trus dengan nakalnya mulai merambah dada, ups... Dengan panik aku membuang sabun muka biore yang waktu itu telah bertransformasi menjadi ramuan baru yang kayanya udah nggak cocok lagi dengan kulit wajahku. Ampun. Akhirnya kupilih lah clean dan clear sebagai alternatif pembersih wajah baru, dan kayanya cocok. Trus aku maskeran 3 kali pake masker jerawat Indah Warninya Mustika Ratu, eh ternyata cocok. Nggak lama ntu jerawat kecil-kecil bubar dari muka dan tubuhku. Mereka hilang, sirna begitu saja. Fiuh...alhamdulillah. Nggak butuh biaya ratusa ribu buat ke dokter kulit.
  10. Soal penyakit. Kayanya tahun ini adalah tahun penyakit buatku. Sebulan sebelum mudik lebaran, aku diserang batuk gara-gara polusi asap kebakaran hutan dan ladang di Kalbar dan sekitarnya yang udah jadi agenda wajib tiap tahun disini. Masalahnya adalah batukku itu nggak sembuh-sembuh juga. Diobatin nggak manjur, dimakanin permen pelega tenggorokan nggak manjur juga. Jadinya kubiarin aja sambil tiap hari kebatuk-batuk mulu. Sebetulnya sih khawatir klo kena ISPA tapi kayanya nggak deh, ciri-cirinya beda. So, si batuk tau-tau juga ngilang gitu aja dari tenggorokanku. Good bye batuk.
  11. Akhir Desember. Hidung sebelah kananku bermasalah. Udah tau lah klo aku alergi debu dan dingin, pastinya langsung bersin-bersin gitu klo ketemu sama debu. Nah pas aku lagi ingusan gitu, dengan santai seperti biasa kubuang lah si ingus dengan sedikit keras, maksudnya biar ntu ingus tuntas keluar semua. Dan beberapa hari kemudian kepalaku sakit. Dua hari nggak hilang-hilang, kadang kadang kadang pergi ntu sakit. Semula kukira sakitnya karena cuaca yang dari hujan mendadak jadi panas buanget. Tapi kayanya karena terjadi peradangan di hidungku yang kanan. Bagian bawah mata kanan juga terasa sakit klo ditekan-tekan. Sinusitis. Cuma itu yang ada di benakku saat itu, tapi aku masih takut untuk pergi ke dokter THT dan menerima kenyataan klo aku menderita sinusitis. So kubiarin aja tu idung. Besoknya tiap ingusan, hidung yang kanan ingusnya pasti berwarna kuning, dan akhir-akhirnya kadang berwarna merah. Nyampur sama darah kali. Tapi tetep aja aku keukeuh nggak mau ke dokter. So pelan-pelan aku udah nggak ingusan lagi. Kayanya ntu hidung udah normal lagi. Semoga.
  12. Dibenci orang. Nah lho, sedih banget deh sampe dibenci orang lain, klo lo gimana? Mulanya aku tau dibenci adalah pas buka friendlist di facebook. Ternyata eh ternyata aku di block sama dia. Gitu kucari info ternyata temen-temen yang lain nggak di block, hanya diriku seorang. Usut punya usut, taulah aku apa sebabnya aku dibenci. Soalnya ntu orang beranggapan klo aku adalah seorang mak comblang yang menyebabkan dia dan pacarnya putus dan memilih orang lain yang nota bene adalah temenku juga. Duh, sedihnya. Tapi untungnya semua masalah itu udah beres. Dia udah nggak benci aku lagi setelah dijelaskan oleh seorang teman yang lain. Alhamdulillah.
  13. Kecewa sama temen-temen sendiri. Yah, mungkin aja selama ini akunya yang menilai seseorang terlalu tinggi atau terlalu baik. Orang yang kukira sangat setia pada pacarnya ternyata malah selingkuh, orang yang kukira tak mungkin merebut milik orang lain ternyata malah merebut milik orang lain, walopun dengan cara yang sangat halus, orang yang kukira setia kawan ternyata bisa juga makan teman, orang yang kukira peduli sesama ternyata bisa juga jadi super egois, orang yang kukira polos ternyata bisa juga jadi liar, orang yang dulunya dandannya biasa-biasa aja (tapi menurut gue tetep oke kok) sekarang cara dandannya malah nggak keren banget (hehe sory, menurut gue sih nggak keren, ga tau klo menurut Ivan Gunawan), orang yang kesannya baik tapi ternyata melakukan kebaikan itu hanya untuk mendapatkan keuntungan dibalik kebaikannya (ada udang dibalik bakwan). Yah, kira-kira kaya gitu deh. Selain itu, sekarang ini aku kehilangan temen jalan cewe. Tiap hari jalannya jadi sama si Beruang mulu, bosen juga kali, pingin juga jalan sama sesama cewe. Semuanya udah pada sibuk sendiri-sendiri. Yang seumuran udah sibuk ngurusin bayi dan suami, yang lebih muda sibuk sama pacarnya mulu, pacarnya sibuk kerja or kuliah milih ngendon di rumah or kamar kos pacarnya, duh, nasibku yang temennya makin dikit. Jalan sama anak-anak cowok? Wah, mereka kayanya enggan. Ogah gitu lho jalan sama perempuan tua kaya aku, nggak cantik pula, jadi nggak ada yang bisa dibanggain pas jalan bareng. Lagian, mungkin pada takut ntar cewenya cemburu kali ya...
Segitu deh hal-hal yang menurutku sebuah kemunduran selama tahun 2009. Sifat keras kepalaku yang menurutku menyusahkan diri sendiri.
Kalo tentang orang-orang disekitarku, ehm, mohon jangan tersinggung yah klo kebetulan ada yang baca, karena menurutku memang begitulah kejadiannya, so mungkin aja kalian bisa mengambil sisi positif dari hal itu, jangan langsung emosi ato nganggap aku nggak objektif. Coba lah dilihat dulu dari sudut pandang yang berbeda. Untuk itu makanya saya tidak akan menyebutkan nama orang yang bersangkutan. Biar menyadari sendiri aja sesuai apa nggak dengan kejadiannya.
Namanya juga nyoba ngeliat dari sisi yang berbeda, kali aja klo kita nemu sesuatu yang menurut orang lain itu sebuah hal yang buruk atau sebuah kemunduran, kita jadi tergerak untuk mengubah diri menjadi lebih baik. Seperti halnya aku yang suka bolong shalat Isya nya, harapanku adalah aku nggak bakal bolong lagi, bisa mengusir rasa malas yang buruk ini.

No comments:

Post a Comment

hai, hai...kasih komentar dong disini...

Konnichiwa

Yuk, belajar nulis, nulis apa aja yg penting asyik en nyenengin buat dibaca, klo bisa yg informatif juga, nah loh, klo ada tulisan di blog saya ini boleh di copy kok, tapi atas seijin saya yah.....